CLICK HERE FOR BLOGGER TEMPLATES AND MYSPACE LAYOUTS »

19 November 2009

33. Ringkasan InfoIPTEK 1999-2010

Pengantar

Berbagai info iptek berikut tercecer di sana-sini, ada yang di bawah tahun 2009. Meskipun demikian, relevansinya masih ada. Semoga ceceran info iptek yang diringkaskan dan dihimpun di sini bermanfaat bagi Anda.

Musim Gugur 1999: Bulan Terkecil Yupiter Ditemukan

Bulan ke-17 dan terkecil yang mengitari Yupiter ditemukan musim gugur tahun 1999 oleh para ahli astronomi Universitas Arizona di Tucson dan Pusat Planet Kecil di Massachusetts, kedua-duanya di Amerika Serikat. Bulan ini bergaris tengah kurang dari 3 mil dan – untuk sementara – dinamakan S/1999J1. Ketika dilihat pertama kali tahun 1974, para ahli astronomi mengira benda langit itu sebuah asteroid dan menamakannya UX18.

Mei 1999: Mungkinkah UFO Adalah Piring Terbang Nuklir Amerika Serikat?

Ingat “demam UFO” dan penampakan-penampakan UFO segera sesudah Perang Dunia II berakhir? Besar kemungkinan laporan-laporan dan kisah-kisah pribadi tentang UFO yang datang dari luar angkasa adalah cerita-cerita meleset tentang eksperimen-eksperimen suatu senjata adi rahasia (super secret) AS: piring terbang bertenaga nuklir. Senjata pamungkas ini sudah dikembangkan juga segera sesudah Perang Dunia Kedua! Demikian Popular Mechanics mengindikasikan dalam laporan utamanya edisi November 2000.

Dokumen-dokumen rahasia tentang piring terbang nuklir ini disimpan sejak 1962. Tapi sejak Mei 1999, Kongres AS membolehkan umum membaca dokumen-dokumen rahasia ini. Namun demikian, pihak militer AS berupaya membatasi para pembaca dokumen-dokumen itu pada kontraktor-kontraktor proyek pengembangan piring terbang nuklir itu dan pihak-pihak khusus yang mereka seleksi.

Dokumen-dokumen itu memberi petunjuk bahwa AS sudah mengembangkan sebuah piring terbang nuklir sesudah PD II. Senjata pamungkas itu dikembangkan berdasarkan teknologi kedirgantaraan Jerman Nazi yang jatuh ke tangan AS. Piring terbang nuklir itu mampu terbang pada ketinggian 300 mil di atas permukaan laut dan mampu menghujani dan meluluhlantakkan Uni Soviet, RRC, dan Korea Utara dengan rudal-rudal nuklir.

2000: Pemecah Bekuan Darah Ultra Bunyi Ditemukan

Dr. Evan Unger dari Amerika Serikat mengembangkan sonotrombolisis, alat yang menghasilkan ultra bunyi untuk melarutkan bekuan-bekuan darah yang berbahaya. Tapi sonotrombolisis bukanlah teknologi kedokteran untuk menguraikan bekuan-bekuan darah itu menjadi gumpalan-gumpalan darah.

Ultra bunyi berintensitas rendah kini dipakai untuk menghasilkan citra-citra atau gambar-gambar bayangan dari apapun yang merintangi jantung. Penerapan yang paling lasim dari ultra bunyi adalah sonogram. Sonogram adalah alat untuk mengamati apakah perkembangan janin normal atau tidak.

Meningkatkan intensitas ultra bunyi dari sonotrombolisis yang diarahkan pada sel-sel biasa bisa mengacaukan sel-sel itu. Pada intensitas lebih tinggi, ultra bunyi sonotrombolisis bisa menghancurkan batu-batu ginjal.

20 Mei 2000: Samudera Ditemukan di Bulan Yupiter

Ganimeda, bulan terbesar dalam tata surya kita dan mengitari Yupiter, tampaknya punya cairan asin jauh di bawah permukaannya. Permukaan itu berbentuk es padat yang retak-retak dan berkawah. Demikian para periset Amerika Serikat mengatakan di San Fransisko. Dengan penemuan baru ini, Ganimeda bersama Eropa dan Kalisto adalah bulan-bulan Yupiter yang dicurigai menyimpan air di bahwa tanah – suatu bahan kunci bagi kehidupan.

Samudera itu adalah penemuan terbaru yang diumumkan ilmuwan yang menafsirkan data dari pesawat ruang angkasa bernama Galileo milik NASA. Pesawat itu mengitari Yupiter pertama kali Desember 1995. Galileo menemukan samudera tadi sesudah terbang paling dekat Yupiter – pada jarak 503 mil – 20 Mei 2000.

Kalau penafsiran data terbaru kiriman Galileo benar, para ilmuwan bisa mengatakan ada suatu lapisan air setebal beberapa mil yang tertimbun sejauh 100 mil di bawah permukaan bulan itu.

Suhu diperkirakan 66 derajat di bawah nol. Tapi air tidak membeku karena ada tekanan tinggi jauh di dalam bulan Ganimeda.

Juni 2000: Pesawat Terbang yang Memakai Baling-Baling dan Roda Sepeda Balapan

Pada bulan Juni 2000, Carl Schneider dari Fort Madison, Iowa, Amerika Serikat, merancang Gyrocycle, sebuah pesawat rotor. Pesawat rancangan Schneider ini tampak seperti tabung raksasa berwarna kuning dominan dari ujung ke ujung, dilingkari warna putih, dan memakai baling-baling mirip yang ada pada helikopter. Selain itu, Gyrocycle lepas landas dan mendarat dengan memakai tiga roda sepeda balapan: satu di depan dan dua di belakang. Pesawat ini terbang cepat, antara 100 dan 125 mil per jam, tapi hampir tanpa suara bising.

Musim Panas Tahun 2000: Kutub Utara Mencair

Barangkali untuk pertama kali selama 50 juta tahun, es sudah mencair di Kutub Utara. Tidak diketahui sebab sesungguhnya es itu mencair musim panas tahun 2000 lalu. Kecepatan mencairnya sangat mengejutkan para ilmuwan. Pakar Kutub Utara, Tore Furevik dari Universitas Bergen di Norwegia, sudah meramalkan bahwa Kutub Utara bisa kehabisan es pada musim panas tahun 2050. Sebenarnya, es akan kembali musim dingin tahun 2000.

20 Desember 2000: Cara Memperoleh Embrio Paling Sehat

Para ilmuwan dari Universitas Kalifornia mengatakan mereka boleh jadi sudah menemukan suatu cara yang baik untuk menemukan embrio yang paling sehat. Embrio itu akan dipakai untuk membuat pengetesan bayi-bayi tabung. Dalam proses ini, mereka juga menemukan biologi dasar dari embrio yang paling sehat.

Apa cara sebelumnya untuk memperoleh embrio-embrio paling sehat, khususnya bagi suami-isteri yang tidak subur? Melalui IVF (In-Vitro-Fertilization). Ketika suami-isteri yang tidak subur berupaya memperoleh anak melalui IVF, dokter-dokter menciptakan banyak embrio di dalam sebuah piring laboratorium. Lalu mereka mencoba memilih embrio-embrio yang paling sehat untuk ditanamkan di dalam rahim seorang ibu.

Ini berbeda dengan cara terbaru mengidentifikasi embrio paling sehat untuk membuat pengetesan bayi tabung. Ada suatu cara yang baik yang ditawarkan untuk bisa menciptakan embrio-embrio paling sehat. Cara itu adalah menjaring susunan-susunan kecil yang dinamakan “mikrotubula.”

Mikrotubula ada dalam suatu telur. Boleh jadi, mikrotubula adalah kunci untuk mendapat embrio paling sehat. Demikian laporan Dr. Sam Alexander, seorang ahli infertilitas (kemandulan), dan rekan-rekannya pada Universitas Kolorado, Amerika Serikat. Mikrotubula mengantar bahan genetik bernama DNA mitokondrial, yang terdapat di dalam sel-sel telur. Para ilmuwan itu menemukan bahwa embrio yang punya mikrotubula simetrik tampak punya peluang lebih besar untuk bertahan terhadap upaya-upaya IVF.

2000-2003: Armada Kapal Perang Bertenaga Listrik

Angkatan Laut Amerika Serikat akan mengembangkan armada kapal perangnya yang bertenaga listrik. Riset dan pengembangan kapal perang bertenaga listrik itu akan dilakukan pada Pusat Sistem Daya Maju Universitas Kalifornia. Universtias itu diberi dana riset dan pengembangan sebesar hampir 11 juta dolar AS karena Angkatan Laut AS ingin memanfaatkan kepakaran universitas tersebut dalam bidang superkonduktor dan magnet-magnet berdaya ultra. Kalau sudah bertenaga listrik, armada AL generasi berikut itu akan menjadi lebih ringan, lebih cepat, lebih kecil bisingannya, dan mampu menahan kerusakan karena perang.

Januari 2001: Harapan Baru bagi Penderita Alzheimer atau Parkinson

Otak orang tua bisa menimbulkan neuron-neuron baru. Ini suatu penemuan baru yang bisa mengarah pada penyembuhan penyakit-penyakit seperti Alzheimer, sejenis penyakit pikun, demikian Science News Discovery.

Sudah lama orang percaya bahwa sel-sel otak mati karena orang berusia tua, keadaan terluka atau penyakit. Sel-sel otak yang mati dipercaya tidak pernah diganti dengan sel-sel otak yang baru.

Ini tidak benar sekarang. Sekelompok periset dari Amerika Serikat sudah menemukan bahwa orang-orang dewasa tetap menumbuhkan sel-sel otak baru sekalipun mereka berusia 60-an dan 70-an.

Penemuan itu bisa menyingkapkan cara-cara untuk memperbaiki sebuah otak yang dirusak oleh penyakit Alzheimer atau Parkinson. Jadi, orang-orang seperti Muhammad Ali, sang petinju legendaris itu, yang menderita Parkinson bisa mendapat harapan baru akan kesembuhan dari penyakitnya.

8-10 Januari 2001: Gaur yang Dikloning Mati

Gaur yang berhasil dikloning di Amerika Serikat mati 10 Januari 2001. Sejenis lembu jantan yang terdapat di Asia Tenggara dan India ini mati karena suatu infeksi bakteri sesudah dia lahir 8 Januari 2001 dan diberi nama Nuh. Gaur yang beratnya satu ton atau lebih dan berwarna coklat atau hitam tergolong hewan-hewan liar yang terancam punah karena diburu untuk dimakan dagingnya.

Meskipun demikian, para periset pada Advanced Cell Technologies di Worcester, Massachusetts, AS, mengatakan eksperimen itu menunjukkan bahwa kloning bisa dipakai untuk melestarikan spesis-spesis langka. Selain itu, kloning bisa mencegah hewan-hewan lain dari ancaman kepunahan.

Walaupun gagal mengkloning gaur itu, para periset masih menyimpan sel-sel kulitnya yang dibekukan. Mereka berharap akan membuat embrio-embrio gaur baru lagi.

2010: Teleskop Radio Terbesar Sedunia Didirikan Tahun 2010

SKA, singkatan dari Square Kilometer Array, akan merupakan teleskop radio terbesar sedunia bila didirikan tahun 2010 oleh Amerika Serikat. Teleskop raksasa itu akan memampukan para ahli astronomi memperoleh pengamatan paling dalam tentang ruang angkasa.

SKA akan mendeteksi pancaran-pancaran energi samar-samar berjangkauan 0,15 sampai dengan 20 gigahertz. Ukuran teleskop radio itu akan mengakibatkannya 100 kali lebih peka dari teleskop-teleskop terbaik masa kini. Seperti teleskop-teleskop radio yang ada, SKA bisa melihat menembus debu-debu kosmik yang mengaburkan pandangan kalau dilihat melalui teleskop-teleskop konvensional.

SKA bertujuan untuk meneliti bintang-bintang, galaksi-galaksi, dan kuasar-kuasar. Selain itu, SKA akan meneliti sejarah mereka.

0 komentar: